Ika Amna. Powered by Blogger.

#34 [DIY] Bikin Rose Hydrosol atau Air Mawar Dengan Metode Steam Distillate

by - 11/12/2019 10:04:00 am


Halo apa kabar? semoga teman teman yang baca blog sehat dan bahagia selalu.

Kemarin ini aku dapat bunga mawar banyak banget dari bapakku, beliau ingat aku suka bikin sabun, lotion, lip balm, dan lain lain. Yang lucunya aku juga dikasi bunga bougenville yang ga bisa disuling karena ga ada minyaknya atau aromanya, aku mau ketawa tapi bapakku udah baik banget beliin bunga.

Biasanya bunga bunga ini aku keringin aja yang nantinya bisa dipakai buat garnis atau jadi campuran sabun handmade. Tapi kali ini karena sudah ada alatnya, jadi bunga mawarnya mau aku suling aja. Dan hasil sulingan ini nantinya berupa air mawar atau hidrosol. Btw aku ga tau ini jenis mawar apa yang mau disuling, bapakku bilang ini mawar kampung harum, iya emang harum banget.


Untuk persiapan pertama, bunga mawar yang masih segar aku sortir dari daun dan bagian bawahnya, yang aku ambil hanya bunganya aja. Kemudian setelah semua disortir aku liat lagi satu satu untuk mastiin ga ada serangga atau ulat yang tinggal dikelopak bunga. Abisnya sebelum itu aku pernah nyuling bunga kenanga dan ga liat bener bener nyortirnya, saat di suling ada ulat daun manjat manjat kepanasan di dinding bio flask waktu di suling.. aa.. kasian, untungnya aku langsung liat dan ngeluarin langsung dari situ.


Sehabis semuanya udah oke tinggal masukin bunganya ke bio flask, punya ku kapasitasnya hanya 2 L jadi cukup untuk 2,5 kg bunga dipadet padetin. ini bagian yang juga agak lama karena lubangnya kecil masukinnya cuma bisa dikit dikit. Sambil masukin bunganya ini, aku sudah manasin air buat steam nya. Air yang aku pake kira kira 1 L ini sudah banyak.


Secara lengkapnya set up alat punyaku seperti ilustrasi dibawah ini, ini tipe steam distillate untuk essential oil, terbuat dari kaca silica boron yang tahan panas, tapi ga tahan pecah. Dengan kapasitas 2 L, cuma punyaku receivernya custom dengan 2 output.

sumber: goldleaf scientific
Saat di operasikan steam nya naik keatas bunga mawar di bio flask dan otomatis aroma dan minyak bunga mawarnya kebawa juga akan kebawa bareng steam, lalu jatuh di kondenser untuk diturunkan suhunya. Lama pemprosesnya 8 jam, untuk pemanasnya aku pakai kompor listrik 500 watt dengan suhu sekitar 250 Celcius.


Hidrosol yang aku dapatnya dengan waktu pengoperasian diatas sekitar 200 ml mayanlah ya buat dibikin face cream atau jadi toner. Aroma hidrosolnya enak banget, cuma sepertinya terlalu kuat jadi yang ga biasa dengan aroma mawar yang terlalu pekat bisa pusing. Jadi hidrosolnya bisa di dilute dengan demineral water atau dibikin ke campuran lain. Tapi aku lebih suka yang murni.

Btw metode steam distillate ini hanya untuk ambil hidrosolnya aja, kalau mau ambil minyaknya beda lagi metodenya, karena bunga mawar termasuk yang susah banget diambil minyaknya jadi harganya bisa muahal banget 5 ml aja sampai jutaan harganya, selain mawar ada juga melati yang juga tergolong susah banget di suling minyaknya. O iya nama metode nya itu solven extract dan enfleurasi yang memakai lemak sebagai absorben.

Huhuhu it's fun, sampai jumpa lagi di diy selanjutnya~


You May Also Like

2 komentar

  1. Wah, Mbaknya ini artisan, ya. Sampai-sampai punya alat penyuling sendiri. Jangan-jangan jualan sabun handmade?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo salam kenal mbak dyah, hahaha iyo mbak saya jualan sabun handmade :D

      Delete

Sharing is caring <3